Monday, June 22, 2015

Jenis-Jenis Plastik Kemasan dan Kegunaannya




Kebutuhan plastik di era modern seperti sekarang ini semakin meningkat. Plastik tidak hanya digunakan untuk membungkus sesuatu, tetapi juga digunakan untuk hal lainnya. Salah satu plastik yang sering digunakan adalah plastik kemasan. Plastik memang sering kita jumpai untuk membungkus sesuatu. Namun kini plastik telah dimodifikasi dengan tampilan yang lebih menarik sehingga membuat enak untuk dilihat. Bukan hanya itu saja, plastik kini juga memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Nah, bagi Anda yang ingin tahu jenis-jenis plastik untuk kemasan, berikut adalah tiga jenis plastik untuk kemasan dalam bentuk yang menarik beserta dengan kegunaannya.

Jenis plastik pertama yang harus Anda tahu adalah plastik V. Seperti namanya, plastik ini memiliki bentuk menyerupai huruf V dengan bagian bawah yang kecil dan bagian atas yang semakin membesar. plastik kemasan jenis ini merupakan kemasan yang sering kita jumpai dipasaran karena plastik ini memiliki bentuk yang sangat unik. Yang membuat plastik ini banyak dipilih karena plastik V dapat berdiri. Biasanya plastik V digunakan untuk membungkus makanan kering seperti keripik, kacang, kue ring, dan berbagai makanan kering lainnya. Biasanya plastik jenis ini digabungkan dengan stiker produk makanan kering sehingga terlihat lebih menarik banyak konsumen untuk membelinya. 

Jenis plastik kedua yang harus Anda pahami adalah plastik roti. Bila Anda memiliki usaha roti dan sedang mencari plastik yang sesuai untuk usaha Anda, maka Anda harus memilih jenis plastik ini. Tentunya plastik roti bisa digunakan untuk menyimpan roti dan tidak berbahaya. Selain itu, plastik roti juga akan membantu roti agar tidak cepat mengeras sehingga bisa tahan lebih lama. Biasanya plastik roti dibuat dari jenis plastik OPP. Mungkin Anda pernah melihat berbagai macam jenis plastik roti, biasanya plastik tersebut memiliki warna yang bening dan mudah untuk disobek. Untuk lebih menarik konsumen, plastik roti biasanya digabungkan dengan sablon, bukan menggunakan stiker seperti plastik V.

Jenis plastik ketiga yang harus Anda tahu adalah plastik vakum. Mungkin Anda masih awam dalam mendengar plastik ini, namun pasti Anda sudah sering melihatnya. Plastik vakum biasanya digunakan untuk membungkus daging dan sayuran. Bila Anda pergi ke mall dan sedang mencari sayuran segar, pasti Anda melihat plastik tersebut. Tentunya plastik vakum dipilih untuk membungkus sayuran karena plastik tersebut memiliki pori yang sangat rapat sehingga kedap udara. Saat sayuran ataupun makanan yang didalam plastik tersebut kedap udara maka makanan tadi bisa jadi lebih segar dan awet. Jadi, tadi adalah tiga jenis plastik kemasan yang harus Anda pahami sehingga Anda bisa memilih jenis plastik yang tepat untuk usaha Anda.

No comments:

Post a Comment